Jumat, 16 Januari 2009

MEMBANTU KORBAN BANJIR


JAKARTA BANJIR
Memasuki bulan Januari dan Februari adalah puncaknya musin hujan di Jakarta, seperti pada tahun lalu dan tahun-tahun sebelumnya, kota Jakarta dan sekitarnya mengalami kebanjiran, hal ini akibat air kiriman dari kota satelit yaitu Bogor , Depok dan curah hujan yang benar-benar tinggi dan terus-menerus. Sudah saatnya warga menyiapkan diri untuk menghadapi bencana banjir bandang yang setiap tahun melanda Jakarta dan Bekasi.
Ada 13 sungai sebagai penyangga sekaligus juga penyebab banjir di Jakarta yaitu : Kali Mookevart, Kali Angke, Kali Pesanggrahan, Kali Grogol, Kali Krukut, Kali Baru (Pasar Minggu), Kali Ciliwung, Kali Baru Timur, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buara, Kali Jati Kramat, Kali Cakung dan Pemda DKI sudah membangun beberapa antipasi pencegahan banjir diantaranya : Sistem pengendali Banjir di 5 wilayah DKI dan sistem Banjir Kanal Timur dan Banjir Kanal Barat, namun semuany abelum mampu mengatasi luapan air hujan dan air kiriman, umumnya yang dijadikan patokan status waspada/ siaga 1 s/d 4 adalah pintu air Katulampa di Bogor dan pintu air Manggarai di Jakarta Selatan.
Penyebab banjir adalah hilangnya daerah resapan yang dijadikan pemukiman penduduk, dan penebangan pohon-pohon serta terhambatnya sistem drainase/ selokan/ gorong-gorong dan sungai. Sudah saatnya Pemda DKI bahkan pemerintah pusat memikirkan perbaikan sistem drainase yang canggih dan menyeluruh seperti di kota-kota besar di negara maju dengan membangun sistem drainase dibawah tanah yang mampu menampung dan mengalirkan air ke laut.
Nindya Nazara - Caleg DPR RI Dapil Jabar VII No. urut 4 PARTAI INDONESIA SEJAHTERA dalam aktivitas sosialnya setiap tahun selalu terjun langsung kelapangan untuk partisipasi membantu korban banjir seperti yang dilakukan tahun 2007 dan 2008 diantaranya di wilayah Sunter- Jakut, wilayah kemanggisan, di kel. Angke dan sekitar Jakarta Pusat dan Jakarta Barat bersama-sama rekan BAZNAS dan PNM Club. Kami membuka posko, menyumbangkan perahu karet, pengobatan gratis dan menyiapkan makanan siap saji kepada pengungsi korban banjir.(NNA)








Tidak ada komentar: