Jumat, 09 Januari 2009

BERSAMA BUDAYAWAN ISLAM - TAUFIQ ISMAIL

SAJADAH PANJANG

Ada sajadah panjang terbentang
Dari kaki buaian
Sampai ketepi kuburan hamba
Kuburan hamba bila mati...


Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan sujud
Diatas sajadah yang panjang ini
Diselingi sekedar interupsi
Mancari rezeki, mencari ilmu
Mengukur jalanan seharian
Begitu terdengar suara adzan
Kembali tersungkur hamba...


Ada sajadah panjang terbentang
Hamba tunduk dan rukuk
Hamba sujud dan tak lepas kening hamba
Mengingat dikau sepenuhnya...


Itulah lagu terkenal (hit) yang dinyanyikan group balada legendaris BIMBO dan sempat pula dijadikan lagu jinggle-nya Partai Demokrat dalam siaran iklan televisi yang berhasil menghantarkan SBY (Susilo Bambang Yodhoyono) dan JK (Jusuf Kalla) menjadi Presiden RI dan Wakil Presiden RI pada pemilu 2004 lalu.


Namun tahukah Anda, siapakah yang menciptakan lagu tersebut? dengan syair yang luar biasa maknanya... dialah TAUFIQ ISMAIL seorang budayawan Islam yang terkenal namun bersahaja dan sederhana. Beliau menuturkan kepada Nindya Nazara bahwa sempat kebingungan atas pesanan lagu oleh BIMBO karena tidak punya ide untuk ditulis, akhirnya suatu malam Beliau tanpa sengaja membuka Al Qur'an dan langsung menemukan ayat Yassin, maka jadilah sair yang luar biasa tersebut, dan diberi judul "Sajadah Panjang".

Betapa dalam jika kita simak makna lagu tersebut, sampai-sampai tak kuasa kita menahan air mata manakala menikmati lagu itu... luar biasa... Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan taufiq hidayahnya kepada Bapak TAUFIQ ISMAIL...


*> tampak gambar : Nindya Nazara - Caleg DPR RI Jabar VII PIS 33 no. urut 4 bersama TAUFIQ ISMAIL dalam kesempatan forum silaturahmi dan pembacaan puisi-puisi karya Taufiq Ismail.

Tidak ada komentar: